#8 Perkenalan saya dengan kopi Single Origin | V60

kopi v60

kenalan dengan kopi v60

Saya mau cerita nih Perkenalan saya dengan kopi single origin metode seduh V60. Sedikit intro saya kuliah di Telkom Bandung mulai dari 2007 hingga lulus di tahun 2012. Banyak pertemanan yang terjalin selama kuliah bahkan saya juga satu rumah kontrakan dengan teman kelas saya dulu itu dari solo. Saya juga punya Band namanya “Bujang Lapuk” ahahaha Nah salah satu personil band ini namanya Irfan yang juga teman sekalas dan satu kontrakan rumah dengan saya.

manual brew v60
manual brew v60

Berawal dari Irfan

Selepas saya lulus kuliah saya kembali ke Jakarta coret ( tangsel ) domisili saya saat ini, untuk melanjutkan hidup dan berkembang biak. Saya melanjutkan usaha yang sudah saya bangun yaitu tour and travel. Tapi saya masih suka menyempatkan diri biasanya 1 atau 2 bulan sekali ke Bandung, tempat dimana saya memperoleh gelar S1 saya. Terkadang ke Bandung juga karena ada pekerjaan disana sambil saya bisa bertemu teman2 yang masih stay di bandung, salah satunya Irfan ini. Irfan setelah lulus kuliah dia masih tinggal dan bekerja di bandung, sepertinya dia betah dengan udara dan suasana di bandung. Kadang kami bertemu untuk sharing2 atau ngopi2 cantik di cafe2 bandung yang luar biasa banyaknya.

Sekitar tahun 2014 akhir saya ada kerjaan ke bandung, saat itu saya bilang ke Irfan untuk numpang nginep di kontrakannya. Setelah perkerjaan saya selesai sore hari saya ke kontrakan irfan, disitu saya liat barang-barang yang berbeda, menarik, dan unik jika dilihat sekilas mata. Saya bertanya apa ini? Irfan menjawab ; ini peralatan nyeduh kopi, nama metodenya v60, ini gilingan, ini paper, ini ketel, dll Lah bingung saya, ini ribet banget mau ngopi padahal tinggal masak air gunting sasetan jadi deh.. lalu irfan jelasin deh tentang kopi…

nyeduh kopi v60
nyeduh kopi v60

Terasa Manis di balik rasa pahit nya Kopi

Irfan jelasin deh tuh kopi yang biasa dia minum sekarang, jadi dia ngopi udah ga pake gula lagi tapi terasa manis dilidah. Lah gw bingung masa sih?? akhirnya doi pun mulai menyeduhkan segelas kopi v60. Mulai dari masak air, perkiraan suhu ( karna ga pake thermometer ), giling kopi, dan mensajikannya dengan disaring paper v60. mungkin sekitar 15 menit dia bikin kopi sampai selesai, terasa lama juga yaa. Jadi deh kopi nya. Lansung saya di suruh cobain, pas saya coba, terasa dimulut pait semua. Wah kok pait ya saya berkata, Trus mulai irfan jelasin klo lidah gw belum peka belum terbiasa dan belum menghayati kopi. jadi kopi itu memang tanpa gula, selama ini saya ngopi pasti pake gula dan biasa di coffee shop itu paling pesan cappuccino pake gula pula. Saya disuruh minum kopi tapi dirasakan betulĀ  di rongga2 mulut saya. Lama2 setelah berulang-ulang saya minum saya mulai merasa ada yang berbeda dari pahitnya tapi ya tetep pait dominan saya rasakan.

setelah pulang ke tangsel, saya sempat mampir juga di tempat2 kedai kopi yang seperti irfan itu, saya ada penasaran juga gimana rasa kopi itu sih.. sampai akhirnya saya pun kecanduan kopi single origin, dan mulai bisa merasakan manisnya kopi. Memang manisnya kopi itu sangat berbeda dengan gula, butuh beberapa kali kopi single origin untuk bisa merasakan manisnya kopi. Bisa dibilang harus sering ngopi biar tau rasa – rasa unik dibalik secangkir kopi.

Okedeh tulisan diatas sedikit cerita tentang pengalaman saya pertama kali minum kopi single origin tanpa gula dengan metode v60. Klo temen-temen mau sharing2 cerita bisa juga ya di kolom komentar, saya yakin pertama orang ngopi v60 ini pasti ada yang ngeracunin (hahaha).

 

Salam
Abi

[Total: 0    Average: 0/5]
Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *