#11 Konsep Bersyukur, Berdoa, Berusaha

Konsep bersyukur, berdoa, dan Berusaha

Setiap orang pasti memiliki pandangan atau prinsip atau kata2 motivasi yang biasa dijadikan pegangan dalam beraktivitas atau dalam berkehidupan. Saya sendiri punya 3 kata yang selalu saya jadikan acuan, motto, atau bisa juga sebagai rambu dalam hidup. Yaitu Bersyukur, Berdoa, Berusaha. Mungkin banyak dari teman-teman yang memiliki motto atau prinsip itu, misalnya Sukses di usia muda, pantang menyerah, pasti bisa, dll. bagi saya semua itu adalah hal-hal atau kata2 yang nantinya bisa membawa kita sukses ataupun bahagia. Nah saya mau sedikit sharing kenapa saya memilih 3 kata ini ( Bersyukur, Berdoa, Berusaha ) sebagai motivasi / motto / prinsip saya.

Awal mula konsep Bersyukur Berdoa Berusaha (3B)

Saya ini kebetulan seorang wiraswasta atau bisa dibilang juga deh entrepreneur muda. Saya mulai senang dengan transaksi jual beli sejak duduk dibangku SMA. saat itu saya sambil sekolah menjual pulsa dengan sistem MLM juga. disitu saya pertama kali mencoba untuk berkegiatan jualan hingga sampai saat ini, tapi bedanya sekarang udah bukan MLM lagi hehehe. Berawal dari jual pulsa, jual kaos, jual jasa travel agent, buka kedai kopi, dll. saya sudah mengalami berbagai hal yang memang di dalam dunia usaha itu kondisi naik turun adalah hal yang biasa. Setiap kondisi terjatuh saya selalu berpikir gimana ya cara nya ini itu?? klo lagi bagus berpikir untuk mempertahannya dll.. Nah atas kondisi itu saya butuh juga motivasi diri, atau semacam konsep untuk kebahagiaan dan kesuksesan. Dengan dasar pengalaman dan refrensi-refrensi yang pernah saya baca akhirnya saya menemukan 3B ini.

Beryukur >> Berdoa >> Berusaha | sesuai dengan urutannya

Bersyukur| kenapa diurutan pertama itu Bersyukur?? pandangan saya kita ini sudah hidup, dan menikmati apa yang kita sudah punya, kita bisa berjalan, kita bisa bekerja, bisa ketawa, ini semua merupakan nikmat yang diberikan ALLLAH SWT. Maka dari itu kita harus Bersyukur dahulu atas nikmat yang sudah diberikan saat ini. Sebagai manusia biasa pasti kita inginnya lebih dan lebih, tapi yang pasti kita harus bersyukur atas semua nikmat ini. Bagaimana cara kita bersyukur? saya beragama islam, bagi saya bersyukur itu kita harus selalu berterima kasih kepada Allah SWT yang sudah memberikan nikmatNYA. kita harus menjalankan perintahnya dan jauhi larangannya.

Berdoa | Tahap kedua yang dilakukan setelah bersyukur adalah berdoa. DIsini sebagai manusia yang kecil dimata tuhan, kita hendaknya selalu berdoa dan memohon kepada sang penguasa alam ini. KIta bisa bebas memohon apapun kepada Allah SWT, tidak ada batasnya. Selain itu agar hidup lebih bahagia hendaknya kita berdoa juga untuk keluarga kita, teman kita, sodara kita, dan lingkungan kita. Saya pernah baca artikel di salah satu media. Disitu disebutkan salah satu kunci sukses suatu perusahaannya. Seluruh karyawan di perusahaan itu di biasakan sebelum bekerja mereka luangkan waktu 1 menit untuk berdoa dan mendoakan siapapun yang ingin didoakan. Atas cara itu semua karyawan memulai kerja dengan hati yang tenang, senang, serta bersemangat. Sehingga menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

Berusaha | ini bagi saya adalah urutan ketiga. Mungkin ada pendajpat lain yang menjadikan berusaha ini urutan pertama, tapi tidak masalah setiap orang memiliki pandangannya sendiri. Setelah kita Bersyukur dan Berdoa barulah kita berusaha. Kita berusaha dengan bekerja, kita beraktivitas, kita bertemu klien, kita menjalankan penjualan, dll. Semua usaha itu pasti akan berbuah hasilnya. Tinggal tunggu waktu saja kapan datang hasil tersebut.

Nah teman-teman konsep 3B in untuk saya urutannya seperti itu. jika ada yang berbeda pendapat tidak masalah juga teman-teman. Saya akan coba ilustrasikan 3B ini sesuai urutan saya. Pagi hari teman-teman bangun pagi, disaat bangun itu kita sudah diberikan nikmat tidur yang enak, nikmat bisa bangun lagi, bisa melihat, bisa memulai aktivitas lagi, maka dari itu kita haru BERSYUKUR. kemudia kita solat subuh, setelah solat kita berdoa agar hari ini diberikan kemudahan disegala urusannya, diberikan kebahagiaan, dll. temen-temen juga bisa berdoa untuk keluarga, sodara, teman lainnya, atau ada teman kerabat yang lagi sakit, disini kita melakukan konsep BERDOA. kemudian teman-teman berangkat kerja atau buka lapak dagangnya seperti saya, nah disini lah konsep BERUSAHA. kita harus berusaha untuk mendapatkan rejeki bagi keluarga, berusaha untuk lebih maju, dll. Allah SWT juga sangat menganjurkan kita untuk Bekerja dan berusaha.

baiklah teman-teman sekian nih artiket saya tentang konsep BERSYUKUR BERDOA dan BERUSAHA, semoga artikel ini bermanfaat ya temang-teman. jika mau diskusi silahkan di kolom komentar, jika suka artikel ini boleh di share biar temen-teman lainnya tau.. 🙂

Salam
Abi

[Total: 0    Average: 0/5]
Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *