#12 Strategi Bisnis / Usaha | Strategi memulai usaha

strategi bisnis usaha

Strategi bisnis atau usaha

Strategi bisnis / usaha buat kamu yang mau mulai menjadi seorang entrepreneur. Hal – hal apa aja sih yang harus diperhatikan dalam memulai usaha?? kenali dahulu bidang usaha kamu, kemampuan kamu di bidang itu, dll. persiapkan diri pada saat memulai usaha mulai dari modal, kapasitas, kemampuan, mental, dll.

strategi bisnis atau usaha

3 Strategi dalam memulai bisnis anda

Sebelumnya kita intro dulu apasih strategi bisnis?
secara bahasa STRATEGI adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. BISNIS adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (sumber; wikipedia). Nah jadi dapat disimpulkan secara benang merahnya Strategi bisnis adalah rencana, gagasan, dan eksekusi kita dalam menjual barang/jasa dalam jangka waktu tertentu. Dalam memulai bisnis ada 3 strategi yang bisa kamu pakai yaitu Be the First, or Be the best, or Be different. Dibawah ini akan kita ulas satu persatu.

Be the First

Menurut saya strategi ini lah yang paling beresiko tapi sangat ampuh atau dahsyat apabila bisnis kita berjalan. Be the first = Menjadi yang pertama. be the first ini bisa memiliki 2 arti, disini bisa dalam artian kamu menjadi orang pertama dalam menjual suatu produk yang belum pernah ada atau kamu menjadi orang pertama yang menjual suatu produk di daerah tertentu. Contohnya dengan kreativitas yang tinggi kamu menciptakan mesin kopi, sebelumnya belum pernah ada yang menciptakan mesin kopi. Lalu kamu jual mesin kopi tersebut dimana tidak ada lagi selain kamu yang menjual mesin kopi. masyarakat pun responnya sangat bagus sampai akhirnya produk kamu itu banyak terjual. contoh lainnya kamu membuat sebuah kedai kopi di daerah tertentu yang belum ada kedai kopi di daerah tersebut. Kamu mengadopsi kedai di daerah lain yang nan jauh di mato, lalu kamu terapkan dengan konsep kamu yang baru di daerah yang belum ada pesaingnya. Jadi kamu di daerah tersebut adalah orang pertama yang membuka kedai kopi.

Dari 2 contoh diatas, strategi be the first ini memang memiliki resiko tinggi, karna belum ada contoh yang berhasilnya. belum ada gambaran-gambaran kondisi jika saya bisnis seperti ini. Tapi jika kamu mampu mengelola insya Allah bisnis kamu akan tumbuh berkembang pesat. biasanya orang-orang akan ingat siapa yang pertama berbuat. Ibarat cinta pada pandangan pertama tsaahhh…

Be the Best

Menjadi yang terbaik. Nah untuk strategi ini, posisi kita dalam memulai usaha, sudah ada pendahulunya. Jadi kita sudah melihat nih kekurangan atau kelebihan pendahulu kita. Jadi yang harus kita pikirkan adalah bagaimana caranya menjadi yang terbaik dalam usaha tersebut. kita harus kreatif dan inovatif untuk bisa menjadi yang terbaik dan pastinya butuh proses juga. Saya gambarkan lagi ilustrasinya ya sebagai berikut. Misalnya kamu lulus teknik mesin dan pecinta kopi, lalu kamu berpikir untuk membuat mesin kopi. Kondisinya sudah ada mesin kopi yang beredar di pasaran. Lalu kamu cari tahu apa kekurangan mesin kopi yang ada kemudian kamu prooduksi mesin kopi dengan kualitas terbaik dan akan terus berinovasi mengikuti zaman. sehingga produk kamu di pasaran bisa terjual. Nah contoh lainnya, kamu mau buka kedai kopi, di daerah kamu sudah ada kedai kopi yang buka. Lalu kamu analisa apa yang membuat kedai itu ramai, dan bagaimana kita bisa juga ramai jika buka kedai kopi. setelah dapat formulanya kamu implementasikan dengan ditambahkan kualitas-kualitas produk dan pelayanan yang lebih baik dari kedai yang sudah ada. sehingga kedai kopi kamu pun ramai dan berbuah sukses.

nah pada strategi be the best ini kamu harus bisa mengungguli kompetitor kamu dari segala aspek, sehingga kamu bisa menjadi yang terbaik pada bidang tersebut.

Be Different

yang ketiga strategi be different atau jadilah berbeda. Pada zaman Now hampir semua aspek bisnis sudah ada pendahulunya. jadi pada saat kita mulai bisnis kita sudah memiliki contoh portofolio bisnis yang udah ada. Nah strategi ini paling banyak di pakai untuk pengusaha pemula ( menuru saya yaah ) hehehe. Untuk memulai bisnis pasti kita bingung deh ini itu nya bagaimana, hal itu dikarenakan belum pengalaman dan belum merasakan secara langsung. Nah strategi ketiga ini kita harus memiliki pembeda antara produk kita / usaha kita dengan yang sudah ada.

Sebagai contohnya ya, Kita memproduksi mesin kopi. Nah disini juga misalnya untuk menjadi the best harus menggunakan material atau bahan yang mahal, dan itu untuk diawal akan memakan modal yang besar. Sehingga strategi ini paling relevan di gunakan. Balik lagi ni ke mesin kopi, kita memproduksi mesin kopi kita harus berbeda dengan yang udah ada. Misalnya cara kerja berbeda, modelnya berbeda, desain mesin kopinya unik dan berbeda, dll. Dengan perbedaan itulah kita bisa masuk pasar kita sendiri nantinya. sehingga produk kita mendapatkan porsi di pasar kopi. contoh lainnya tentang kedai kopi. Udah banyak kedai dengan kelebihannya masing-masing. misalnya ada yang menggunakan mesin canggih, adanya yang konsepnya unik dll. Nah disini kita dituntut untuk berbeda dengan mereka guna mendapatkan pasar para penikmatnya. misalnya kamu buka kedai kopi dengan konsep football club atau arena nobar. tentunya dengan begitu kamu mengincar para penghobi sebakbola yang suka ngopi. nah konsep yang berbeda ini lah yang harus diterapkan jia mau menggunakan strategi be different.

Pada intinya kita harus berbeda dari yang sudah ada, kita mencoba menawarkan konsep berbeda kepada customer guna mendapatkan perhatian mereka. Hal-hal perbedaan ini lah yang biasanya menarik dan unik. Jika contoh kedai kopi, pengalaman saya pernah masuk ke kedai kopi yang nuansanya seperti di laboratorium. Desain yang digunakan, pakaian yang dikenakan, serta tatanan tempat yang menyerupai lab. Hal ini mengundang ketertarikan konsumen untuk mencobanya.

 

Baiklah teman-teman mungkin sekian sharing tentang strategi bisnis ini, jika mau berdiskusi silahkan di kolom komentar, terima kasih atas masukannya dan jangan lupa share this post. 😀

Salam
Abi

[Total: 0    Average: 0/5]
Share this :

One Comment on “#12 Strategi Bisnis / Usaha | Strategi memulai usaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *