#25 Metode V60 pour over | metode seduh kopi Populer zaman now

metode v60

Metode V60 seduh kopi | Manual brewing

Saat ini di kedai-kedai kopi kecil atau coffee shop  besar pun sudah banyak yang menyajiakan kopi dengan metode seduh manual atau orang mengenal juga dengan istilah manual brewing.  Ada banyak juga macam-macam metode seduh manual tersebut, nah salah satu yang populer di kedai – kedai kopi adalah V60. Berdasarkan pengalaman saya, ngopi dengan metode V60 ini kopi jadi terasa lebih lembut, muncul aneka taste yang unik, dan clean karena tidak ampas kopi nya. Kita juga bisa memunculkan karakter-karakter kopi yang berbeda-beda dan menarik.

Salah satu produsen untuk metode V60 ini adalah Hario perusahaan asal Jepang. Mungkin sudah sangat populer perusahaan yang satu ini di para pecinta kopi. V60 hario drip ini bentuknya seperti kerucut dengan lubang dibawahnya sebagai aliran air kopinya. Bahan yang digunakan untuk Hario v60 drip ada keramik, kaca dan juga plastik. Bahan yang baik membuat alat kopi ini tahan juga terhadap air panas. untuk menyeduh kopi dengan teknik V60 kita membutuhkan juga kertas penyaringnya atau paper filter. Jadi nanti pada saat diseduh ampas kopi tertahan di kertas penyaring tersebut.

hario v60 drip
hario v60 drip, coffee server, paper filter

Cara menyeduh dengan Metode V60

menyeduh kopi dengan metode v60 ini, ada beberapa peralatan yang kita butuhkan diantaranya penggiling biji kopi, v60 dripper, kettle, paper filter, timbangan / scale, thermometer dan timer. untuk cara menyeduhnya sebagai berikut :

  1. timbang biji kopi sesuai keinginan kamu ( contoh 15 gram )
  2. giling kopi tersebut dengan mesin atau hand grinder dengan tingkat kekasaran medium
  3. kemudian siapkan gelas sebagai wadah, v60 dripper diatasnya dan paper filter di taruh di dalam v60 dripper
  4. siapkan air panas dengan suhu yang kamu inginkan ( contoh 85 derajar ceclius )
  5. mulai tuangkan air secara perlahan sampai 30 ml kemudiam diamkan 30 detik untuk proses blooming. nah pada proses blooming ini tujuannya untuk melepas gas yang ada pada kopi dan melepas aroma kopi tersebut
  6. setelah 30 detik tuangkan kembali air panas hingga 195 ml
  7. kamu bisa break atau stop jika air penuh di v60 dripper tersebut dan lanjutkan tuangkan air panasnya
  8. disini saya contohkan menggunakan ratio 1 : 13 sehingga kita selesai menyeduh diangka 195 ml. maksud 1 : 13 adalah 1 gram kopi sebanyak 13 ml air. jadi contoh 15 gram biji kopi tadi = 195 ml airnya.
  9. setelah sampai di angka 195ml kopi siap dinikmati


video tutorial membuat kopi dengan metode V60

Selamat mencoba.

Salam
Abi

[Total: 2    Average: 3/5]
Share this :

4 Comments on “#25 Metode V60 pour over | metode seduh kopi Populer zaman now”

  1. minum kopi dengan metode V60 ini kopi jadi terasa lebih lembut, muncul aneka taste yang unik, dan clean karena tidak ampas kopi nya. Kita juga bisa memunculkan karakter-karakter kopi yang berbeda-beda dan menarik.
    apa maksud dari metode V60?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *