#28 Membuat usaha anda AUTOPILOT | dengan system business

membuat usaha autopilot

Membuat usaha Autopilot

Apa sih usaha autopilot itu? bagaimana sih membuat usaha autopilot? Banyak pengusaha yang memulai usahanya dari usia muda dan sampai tua masih saja mengurus usahanya dengan sendiri. Ada juga malah yang usaha sudah dibangun bagus tapi malah tutup dikemudian hari. Menurut kamu enak mana, ngurus bisnis terus-terusan atau bisnis sudah berjalan kita tinggal controling saja??

ada faktor utama yang membuat orang bisnis tapi dikerjakan sendiri yaitu KETIDAKPERCAYAAN kepada orang lain. Nah faktor ini bisa menjadi bomerang untuk kita dalam membangun bisnis. Mengapa demikian? karena suatu bisnis itu tidak bisa dibangun sendiri, kamu butuh dukungan orang lain, kamu butuh team, maka dari itu kamu butuh yang namanya karyawan. Kamu harus percaya karyawan kamu itu mampu menjalankan roda usaha kamu ini. Lalu, ada lagi yang bilang, “ah banyak karyawan ga jujur” Nah hal ini dapat teratasi dengan menseleksi karyawan yang akan bekerja di tempat usaha kamu. Tentunya sebagai pemilik usaha kamu akan tahu karakter dan kapasitas setiap karyawan kamu. Jika bisnis kamu besar, pastinya kamu punya divisi yang namanya HRD.

Usaha yang dikerjakan sendirian itu pastinya mengakibatkan kita lelah dalam mengurus usaha. Karena dalam mengurus bisnis itu tidaklah gampang, apalagi bisnis kamu besar. Jika kamu bisnis dan hanya dikerjakan sendirian bisnis kamu itu akan sulit berkembang. disini kamu harus membuat usaha autopilot. Bisnis yang autopilot itu berarti kamu tidak lagi mengerjakan bisnis kamu secara langsung, semua sudah dikerjakan oleh system. dengan usaha autopilot kamu sudah bisa sedikit bersantai sambil memikirkan mengembangkan usaha kamu itu.

Ya, SYSTEM. itu lah kuncinya. pengertian system sendiri adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan (wikipedia). dengan adanya system kamu tidak lagi mengurus bisnis kamu semua, kamu tinggal menjadi komando dari bisnis kamu. Dalam hal ini kamu harus membuat divisi-divisi yang penting dahulu untuk menjalankan roda bisnis kamu. lalu integrasikan setiap divisi sehiingga roda bisnis berjalan lancar. Contoh umumnya seperti ini. kamu baru memulai usaha, lalu usaha kamu berkembang, Disini mulai kerepotan mengelola usaha kamu.  Lalu kamu mencari karyawan dibidang marketing, keuangan, dll. Semua hal itu akan mengurangi pekerjaan yang biasanya kamu kerjakan sehingga kamu bisa lebih berkonsentrasi kepada perkembangan bisnis kamu. saya akan cerita pengalaman saya mulai membangun system bisnis di artikel lainnya, silahkan klik disini.

system bisnis

Oke lah guys, itu dia sedikit sharing saya mengenai cara membuat USAHA AUTOPILOT. Jadi point pentingnya adalah membangun system. Sulit?? ya memang, disitulah tantangan kita sebagai pengusaha. Mungkin kalian akan dihadapkan dengan tantangan kejar target, karyawan yang males, dll. Semua harus bisa kamu atasi jika ingin menjadi pengusaha pastinya. Selamat mencoba ya guys..

Salam
Abi

 

[Total: 3    Average: 3/5]
Share this :

One Comment on “#28 Membuat usaha anda AUTOPILOT | dengan system business”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *